Sabtu, 29 Oktober 2011

Perkembangan Mac OS

Mac OS  oleh perusahaan Apple sebagai “Mac Software Sistem”, pada awalnya sebuah sistem operasi yang dirancang khusus hanya untuk prosesor Motorola 68K pertama. Dengan hardware Macintosh sendiri, Mac OS mengambil peran khusus dalam dunia sistem desktop. Versi pertama adalah “Sistem 1″ dan muncul dibundel dengan Mac pada tahun 1984. Desktop klasik dirancang sebagai sistem operasi single user dan hampir sepenuhnya menyembunyikan path lengkap ke file dan direktori. Representasi grafis
direduksi menjadi esensi. Secara keseluruhan interface sangat mudah digunakan dan tidak perlu tombol kanan mouse untuk interaksi pengguna. Mac OS tidak termasuk command line interface.
Dimulai dengan Sistem 3.0, HFS filesystem yang digunakan adalah yang resmi, yang tidak berbeda antara huruf besar dan huruf kecil. System 5.0 merupakan rilis pertama untuk menjalankan beberapa program dengan MultiFinder terintegrasi pada waktu yang sama. Sistem operasi diprogram sampai dengan sistem 6.0 terutama di assembler dan sebagian di Pascal dan menggunakan mode pengalamatan 24-bit. Multi-tasking opsional bisa diaktifkan di System 6. System 7.0 adalah yang pertama mendukung 32-bit addresing. Dengan demikian memungkinkan sistem operasi dapat menggunakan lebih banyak memori dan program yang lebih kuat. Sejak tahun 1994 Sistem 7,5 mendukung untuk pertama kalinya arsitektur PowerPC dan dioptimalkan dengan OS Mac versi berikutnya tentang arsitektur ini. Dengan perangkat lunak Sistem 7.6  nama diubah ke Mac OS pada Januari 1997.
Optimasi sistem operasi untuk perangkat keras memiliki kekurangan bahwa sistem perangkat lunak tidak dapat diinstal pada setiap Mac. Aplikasi kompatibilitas dengan sistem Mac juga mungkin berbeda dengan versi masing-masing.
2006 MacOS X disajikan untuk pertama kalinya publik pada hardware x86, Apple memungkinkan penggunaan Mac OS X hanya pada sistem intel-Macintosh tertentu. Menurut Steve Jobs Mac OS X telah dikembangkan sejak tahun 2000 internal paralel untuk prosesor Intel dan PowerPC. Versi Mac OS X 10.6.0 mengangkat optimasi untuk prosesor berbasis Intel lebih lanjut, sistem operasi baru tidak lagi tersedia untuk PowerPC Macintosh atau murni prosesor intel 32-bit. Sebagai gantinya pengguna menerima sebuah sistem operasi 64-bit murni dioptimalkan untuk kinerja pada prosesor ganda.. Bahkan komputasi GPU  itu sendiri dapat digunakan dengan aplikasi spesifik.
Pemilihan perangkat lunak ini difokuskan pada industri kreatif dan memungkinkan seperti editing grafis, audio dan video profesional. aplikasi Office seperti MacWrite, Microsoft Office, OpenOffice dan game 3D juga tersedia. Pemilihan browser yang besar dengan iCab, Microsoft Internet Explorer, Netscape, Opera dan Mozilla Firefox.StuffIt adalah perangkat lunak standar untuk kompresi file.
Sumber (versi lengkapnya) :

0 komentar:

Posting Komentar